p3adk.jogjakota.go.id jogja istimewa
BAGIAN PEREKONOMIAN PENGEMBANGAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KERJASAMA SETDA KOTA YOGYAKARTA
Gambaran Umum

Bagian Perekonomian, Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama (P3ADK) adalah unit kerja di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta di bawah Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta. Dasar hukum yang mendasari pembentukan Bagian P3ADK adalah Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 8 Tahun 2008 tentang Pembentukan, Susunan, Kedudukan dan Tugas pokok Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Bagian P3ADK berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 60 Tahun 2016 yang telah diperbaharui dalam Peraturan Walikota Nomor 2 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi, Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta merupakan unsur Sekretariat Daerah yang berkedudukan di bawah Asisten Perekonomian. Bagian P3ADK dipimpin oleh seorang Kepala Bagian yang membawahi tiga sub bagian yaitu Sub Bagian Pembinaan dan Pengembangan BUMD dan BLUD, Sub Bagian Pengembangan Pendapatan Asli Daerah, dan Sub Bagian Kerjasama.

 

Visi, Misi, dan Tujuan Bagian P3ADK

A.  Visi

Bagian P3ADK sebagai bagian dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta memiliki satu visi dengan Bagian lain yang merupakan visi dari Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, yaitu:

“Terwujudnya Sekretariat Daerah Yang Profesional Menuju Tercapainya Good Governance”

B.  Misi

Untuk mencapai visi tersebut dirumuskan misi Sekretariat Daerah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas tata kelola pemerintah yang baik dan bersih
  2. Meningkatkan kebijakan pemerintahan yang inovatif
  3. Meningkatkan koordinasi perangkat daerah secara dinamis
  4. Meningkatkan pengendalian pelaksanaan pembangunan sehingga terwujudnya kualitas pembangunan yang baik
  5. Meningkatan pelayanan pengadaan barag/jasa

C.  Tujuan

Sesuai dengan fungsi Bagian P3ADK sebagai penyelenggaraan Perekonomian, Pengembangan Pendapatan Asli Daerah dan Kerjasama Daerah, untuk mewujudkan misi Sekretariat Daerah tersebut dirumuskan tujuan Bagian P3ADK, yaitu:

“Meningkatkan Kualitas Kebijakan Pengembangan Pendapatan Daerah, Pengembangan Perekonomian dan Inventasi Daerah, serta Pengembangan Kerjasama Daerah yang Strategis dan Inovatif dalam Mendukung Ketatalaksanaan Daerah yang Berkualitas”

 

Tugas Pokok dan Fungsi Bagian P3ADK

Bagian P3ADK mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan untuk melaksanakan koordinasi, pembinaan dan penyusunan kebijakan di beberapa bidang yang menjadi kewenangannya yaitu bidang  perekonomian dan pengembangan pendapatan asli daerah, bidang pembinaan badan usaha milik daerah dan badan layanan umum daerah, dan bidang kerjasama.

A. Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Layanan Umum Daerah

Sub Bagian Pembinaan Badan Usaha Milik Daerah dan Badan Layanan Umum Daerah mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi, pembinaan dan penyusunan kebijakan di bidang pembinaan badan usaha milik daerah dan badan layanan umum daerah.

B. Sub Bagian Perekonomian Pengembangan Pendapatan Asli Daerah

Sub Bagian Perekonomian Pengembangan Pendapatan Asli Daerah mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi, pembinaan dan penyusunan kebijakan di bidang perekonomian dan optimalisasi pendapatan.

C. Sub Bagian Kerjasama

Sub Bagian Kerjasama mempunyai tugas pokok melaksanakan koordinasi, pembinaan dan penyusunan kebijakan di bidang kerjasama daerah.

Pencarian
Agenda Kegiatan

Maaf, belum ada agenda kegiatan

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait